Suwondo Kembangkan Ladang Madu Kelulut Di Kampung KB Bina Sejahtera Desa Bhuana Jaya

oleh

Suwondo Kembangkan Ladang Madu Kelulut Di Kampung KB Bina Sejahtera Desa Bhuana Jaya

TENGGARONG, KUKAR, INDONESIAINDONESIA.MY. ID ===  Rabu (01/09-2021). 

Suwondo Kembangkan Ladang Madu Kelulut Di Kampung KB Bina Sejahtera Desa Bhuana Jaya.

Kampung KB Bina Sejahtera Desa Bhuana Jaya yang terletak di Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara banyak potensi Desa yang telah dikembangkan, salah satunya ladang ternak kelulut yang di kelola oleh Perangkat Desa Bapak Suwondo.

Suwondo mengembangkan ladang kelulut sebagai edukasi bagi masyarakat, pelajar, serta mahasiswa tentang budidaya dan produksi madu kelulut alami.

Berbekal sedikit pengetahuan dan keinginan membudidayakan, dia kemudian mencari referensi dari berbagai sumber, memanfaatkan jaringan internet yang sudah ada di desanya, sehingga dari berbagai pengetahuan awal itu ia terapkan beternak kelulut di kebun belakang rumah adat.

Berkat kreativitas dan ketekunannya, kini di Ladang ternak kelulut sudah ada ratusan rumah koloni, bahkan jenisnya ada tiga macam. Budidaya lebah kelulut cukup mudah, terlebih dahulu jenis lebah ini tidak menyengat.

Khasiat madu kelulut juga sangat baik, tak jauh beda dengan madu pada umumnya. 

Suwondo menyampaikan, kini rutin memanen madu setiap tiga bulan atau empat kali panen dalam pengawasan.

Setiap koloni mampu menghasilkan madu antara 350 gram hingga 500 gram ujarnya.

Hasil panen yang bervariasi karena produktivitas madu banyaknya pada banyaknya nektar yang terkandung dalam bunga. Semakin banyak bunga di sekitar lebah, maka nektar yang menjadi pakan utama akan semakin banyak sehingga lebah juga menghasilkan madu.

Dia menjelaskan produksi madu maksimal saat musim kemarau karena banyak bunga yang mekar sehingga nektar tersedia juga banyak di sekelilingnya, sedangkan musim penghujan banyak bunga yang sudah jadi buah sehingga jumlah bunga berkurang.

Untuk mengantisipasi jangan sampai lebah kekurangan nektar, dia menumbuhkan tanaman rambat yang menghasilkan bunga sepanjang tahun, termasuk pohon penghasil bunga dan buah sepanjang tahun seperti belimbing, nangka, dan jambu, karena sumber pakan lebah berasal dari semua jenis tanaman penghasil nektar, polen dan resin tanaman .

Untuk pemasaran, Suwondo lebih banyak memanfaatkan pemasaran online, terutama media sosial. Konsumen madu tak hanya berasal dari Kutai Kartanegara, tapi juga terkenal di Pulau Jawa. Hingga kini, Suwondo mengaku masih kewalahan dan belum mampu memenuhi permintaan pasar.

Penasaran bagaimana suasana di Ladang Ternak Kelulut, mari silahkan datang langsung ke Kampung KB Bina Sejahtera Desa Bhuana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara. (berbagai sumber).

Stanley Gustaf , Kutai Kartanegara

Martika Edison Indonesiaindonesia.my.id

#jurnalispedulidanautondano

#jurnalispedulicitarumharum

#masyarakatpenjagaalamindonesia

#mydarlingmasyarakatsadarlingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.