Kategori
Berita International National

Kolonel Eppy Gustiawan Dansektor 22 Citarum Harum  Kembali Tanam Pohon Keras Produktif Jenis Buah – Buahan di Lahan Bekas Bongkaran  Bantaran Sungai Cipamokolan

Kolonel Eppy Gustiawan Dansektor 22 Citarum Harum  Kembali Tanam Pohon Keras Produktif Jenis Buah – Buahan di Lahan Bekas Bongkaran  Bantaran Sungai Cipamokolan

Bandung,  INDONESIAINDONESIA.MY.ID ==   Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., kembali menanam pohon keras produktif jenis buah buahan di Bantaran Sungai Cipamokolan lahan bekas Bangunan liar wilayah Antapani Tengah Rw 22, Sabtu (23/01/2021) jelang sore.

Penanaman pohon berupa buah buahan ini diinisiasi oleh Kecamatan Antapani dan Lurah Antapani Tengah (Teguh Haris Pathon, S.STP., M.AP)  sebagai pemanfaatan lahan kosong ex bangunan liar dengan tujuan hasil buahnya akan dimanfaatkan oleh warga setempat.

Dansektor 22 Citarum Harum mengatakan, “Maraknya inisiatif warga untuk kebaikan lingkungan, jelas kita apresiasi. Apalagi di area ini kita tanam pohon buah buahan, kedepannya akan dilakukan sistem penanaman tumpang sari sebagai upaya ketahanan pangan warga setempat,” jelasnya.

Pada pohon yang ditanam Kolonel Eppy menganjurkan jangan sampai dikelola oleh perorangan, karena akan berakibat penguasaan wilayah sehingga ada indikasi pengakuan hak atas area yang ditanam.

“Asal jangan dikuasai oleh perorangan yang nantinya lama kelamaan akan di aku lahan ini, maka saya setuju bila atas nama Rt masing masing berkreasi cocok tanam sebagai ketahan pangan atas dasar program pemerintah,” imbuh Eppy.

Anjuran Dansektor 22 disambut baik oleh Camat Kecamatan Antapani (Dra. Rahmawati Mulia, M.Si.,) yaitu pelaksanaan program Pemkot Bandung pada program Buruan Sae, pada masa pandemi Covid-19 sebagai ketahanan pangan.

“Kami akan menggunakannya disela pohon keras ditanami dengan sayuran sebagai program buruan sae, nantinya akan dilombakan pula supaya warga atas nama per Rt bersemangat,” kata Rahmawati.

Tujuan Dansektor 22 terserap oleh aparat kewilayahan dan masyarakat, pada pembongkaran bangunan liar ini dikerjakan secara mandiri maka satgas hanya membantu perapihannya saja.

Masyarakat Rw. 22 Antapani Tengah berjibaku turut menanam pohon diareanya, dengan semangat untuk menghijaukan bantaran Sungai Cipamokolan mengembalikan ke fungsi awalnya.

“Kami merasa lega atas antusias warga pada penanaman pohon, Insha Alloh kedepan kita programkan buruan sae untuk para Rt masing masing,” kata Teguh.

Dengan hadirnya Satgas Citarum Harum di kewilayahan, penertiban bangunan bisa dilakukan sehingga pengaruh besar pada karakter sungai untuk menuju bersih dan sehatnya air sungai yang menunjang pada lingkungan bersih, sehat, sejuk dan asri.

Turut hadir pada giat ini, Satgas Citarum Harum Sub 10-22, Camat Antapani, Danramil 1810 AAM, Kapolsek Antapani, Ketua LPM, Ketua TP PKK, Ketua Karang dan Ketua RW 22.

Martika Edison, INDONESIAINDONESIA.MY.ID

#mydarlingindonesiamasyarakatsadarlingkunganindonesia
#kitajagaalamalamjagakita #klhk #bnpb

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *