I Putu Krisna Adi Gunartha  Ketua Korps Menwa Indonesia (KMI) Kabupaten Badung ; PPBN TK MAULANA DI PEGAYAMAN KABUPATEN  BULELENG

oleh

I Putu Krisna Adi Gunartha  Ketua Korps Menwa Indonesia (KMI) Kabupaten Badung ; PPBN TK MAULANA DI PEGAYAMAN KABUPATEN  BULELENG.

 

Dokumentasi dari - Pendidikan Pendahuluan Bela Negara untuk Anak TK

BULELENG,  INDONESIAINDONESIA.MY.ID  ===   Desa Pegayaman, Kabupaten Buleleng, berada di lereng Bukit Gitgit, satu di antara jajaran perbukitan yang memisahkan Bali bagian utara dengan wilayah selatan. Jaraknya sekitar 9 Km dari kota Singaraja, di lokasi ini, Resimen Mahasiswa Ugracena Batalyon A-901/Mayurajana Universitas Udayana menyelenggarakan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara -PPBN tingkat TK mengedepankan Prosedur Kesehatan-PROKES dalam upaya meningkatkan jiwa Nasionalisme dan Patriotisme kepada penerus Bangsa di Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Singaraja, Sabtu (16/1/2021 ).

Menurut Dan Yon Menwa Ugrasena A 901 MJ Univ Udayana Terpilih 2021 Wahyu.M. kegiatan ini disamping memberikan wawasan Kebangsaam , baris berbaris juga, mengajarkan hidup bersih , mencuci tangan, memakai masker yg benar dan mengatur jarak pada masa pandemi covid 19 ini.

Desa Pegayaman adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Sukasada Buleleng, yang memiliki akulturasi budaya antara Hindu dan Islam. Akulturasi ini terlihat dari penggunaan nama, kegiatan keagamaan, hingga adat istiadat. Ini menjadikan Desa Pegayaman menjadi salah satu Desa yang unik di Bali.

Baiq Palmafni Zahara kepala sekolah TK Maulana ketika membuka PPBN Mengatakan ” TK Maulana ini sudah berdiri sejak tahun 1999, dan sudah berakreditasi A, dengan 2 staf pengajar, staf TU dan kepala sekolah, kami ber 4 mengelola TK ini bersama-sama.

Sekolah ini menggunakan sistem infaq untuk biaya sekolah sehari-hari.
Bagi siswa yang yatim piatu diberikan biaya pendidikan gratis lalu yang miskin dicarikan orang tua asuh untuk membiayai sekolah”. ”

Dikatakan,Prestasi yang dicapai, Tk Maulana duantaranya Juara 1 lomba Finger Painting , juara 3 dai cilik dan juara 3 mewarnai yang semuanya tingkat Provinsi Bali ”

Baiq menyampaikan sedikit pandangannya tentang Covid-19 ” terutama kondisi wali murid jarang ada yang memiliki hape dan signal Internet yang baik, sehingga di sini, anak anak tk biasanya mengadakan belajar di rumah salah satu guru untuk belajar secara berkelompok.

Dokumentasi dari - Pendidikan Pendahuluan Bela Negara untuk Anak TK

Selain itu juga, untuk biaya infaq pendidikan, wali murid merasa anak mereka tidak belajar karena siswa lebih banyak di rumah, sehingga biaya pendidikan pun banyak yang belum membayar”

“PPBN ini memberikan semangat baru bagi anak anak kami di tingkat TK ujar Baiq

PPBN tingkat TK ini diikuti 25 Orang dengan sebagai tenaga pengajar Ketua Korps Menwa Indonesia (KMI) kabupaten Badung I Putu Krisna Adi Gunartha.

Komandan terpilih Menwa Ugracena Batalyon A-901/Mayurajana Unud tahun 2021 Muhammad Wahyu Maulana Fajri beserta Staf bidang personalia Anjli Yovolita, Staf bidang Penerangan Umum krisna Andhika.

Dokumentasi dari - Pendidikan Pendahuluan Bela Negara untuk Anak TK

Kegiatan ini juga di dukung oleh Gugus kebangsaan provinsi Bali, yang terdiri dari Monumen Perjuangan Bangsal, Korps Menwa Indonesia (KMI) Provinsi Bali, Dewan Harian Daerah Angkatan 45 Provinsi Bali, dan Gerakan Nasional Pemberdayaan Pancasila sejak Pandemi tahun lalu Korps Menwa menyelenggarakan PPBN tk SD Di desa Duda Karangasem mengedepankan PROKES.

Menurut catatan di Monumen Resimen Mahasiswa Ugrasena pendidikan PPBN yang di selenggarakan KMI Bali bersama Gugus Kebangsaan tercata 7.236 orang dari Tk taman kanak kanak hingga sidwa SMA/SMK. dalam kurun tiga tahun lebih.(Krisna/MM)

Martika Edison, INDONESIAINDONESIA.MY.ID

SILIWANGINEWS.COM

#mydarlingindonesiamasyarakatsadarlingkunganindonesia
#kitajagaalamalamjagakita #klhk #bnpb

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.